Langkah Tepat Menangani Skoliosis


Skoliosis seringkali dianggap sebagai kelainan yang membuat penderitanya tidak percaya diri. Namun tenang saja, kelainan ini bukanlah kelainan permanen yang tak bisa disembuhkan. Ada banyak cara penanganan skoliosis yang bisa dilakukan. Saat ini juga sudah banyak klinik khusus skoliosis yang memberikan beragam layanan perawatan skoliosis seperti pada link berikut: https://scoliosiscare.id/scoliosis/perawatan-skoliosis/. 

Cara untuk menangani skoliosis juga ada beraneka ragam. Biasanya penanganan ini akan dilakukan oleh dokter khusus spesialis tulang belakang. Dokter akan menggunakan cara penanganan yang tepat sesuai dengan parah atau tidaknya skoliosis yang dialami. 

Menangani Skoliosis Dengan Metode SEAS

SEAS sering dikenal dengan kepanjangan Scientifik Exercise Approach to Scoliosis. Metode SEAS ini dipercaya merupakan metode yang cukup efektif untuk mengatasi skoliosis sudah digunakan selama 20 tahun. 

Metode SEAS ini punya kinerja untuk evaluasi kelemahan, keseimbangan, dan kekuatan otot. Dengan menggunakan metode ini, dokter akan meminta pasien untuk self active correction atau koreksi otot secara mandiri. 

Gerakan-gerakan tertentu akan diajarkan dan dari situ dokter bisa tahu kelemahan otot dan tulang yang harus segera ditangani. Metode ini punya peran penting yang spesifik, apa saja itu? Berikut ini beberapa peran terapi SEAS:

1. Penanganan Kurva

Pada pasien skoliosis, tulang atau bagian kurva tulang belakang pasien akan mengalami kebengkokan atau bentuknya tidak normal. Bentuk tak normal ini bisa tumbuh dan berkembang hingga menjadi lebih parah. 

Dengan dilakukannya terali SEAS ini selain bisa evaluasi, metode ini bisa membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan kelainan kurva tulang secara cepat. 

2. Menyeimbangkan Otot

Pasien skoliosis memiliki kondisi otot yang tidak seimbang antara satu sisi dengan sisi lainnya. Untuk bisa kembali seimbang, metode SEAS ini bisa diandalkan dengan baik. 

Dengan gerakan-gerakan SEAS yang rutin, maka otot bisa terlatih kembali seimbang. Otot yang seimbang bisa membuat aktivitas menjadi lebih maksimal. 

3. Perbaikan Postur Tubuh

Terapi SEAS ternyata bisa juga diandalkan untuk memperbaiki postur tubuh. Seperti yang Anda tahu, postur tubuh orang yang menderita skoliosis memang tidak sama seperti orang-orang normal. Untuk memperbaikinya, gerakan-gerakan dalam terapi SEAS bisa digunakan. 

4. Mengurangi Rasa Sakit

Kelainan skoliosis kerap kali menimbulkan rasa sakit pada tulang dan otot yang terlibat. Dengan memperbanyak terapi SEAS, rasa sakit ini bisa berkurang seiring perbaikan otot dan tulang tersebut. 

5. Perbaikan Mobilitas Tulang Belakang

Tulang belakang tergolong sebagai bagian tubuh yang sangat vital. Mobilitas pergerakan tubuh juga dipengaruhi oleh efektivitas tulang belakang. 

Skoliosis akan mengurangi efektivitas pergerakan tulang belakang. Maka harus dilakukan terapi secara rutin agar mobilitas tulang belakang jadi kembali normal. 

Terapi SEAS ini memang bukan satu-satunya metode yang digunakan untuk perbaikan tulang belakang yang punya kelainan skoliosis. Namun SEAS yang berasal dari Itali ini sudah dipercaya menjadi metode yang sangat bagus untuk membantu pulihnya otot dan tulang belakang. 


Belum ada Komentar untuk " Langkah Tepat Menangani Skoliosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel