4 kelebihan Termometer Digital untuk Mengontrol Suhu Tubuh


Termometer Digital merupakan salah satu alat pengukur suhu yang bisa digunakan di rumah dengan mudah. Ada bagian sensornya yang akan bekerja dan suhu akan ditampilkan di bagian LCD termometernya. Tingkat sensitivitas dari alat ini sangat cepat, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk pengecekkan suhu.

1.     Praktis untuk Bayi

Demam pada bayi kerap membuat Anda panic karena efeknya bayi akan rewel seharian. Alat ukur suhu ini praktis untuk digunakan pada bayi karena bentuknya sangat fleksibel dan nyaman digunakan. Prosesnya yang cepat tidak membuat bayi merasa terganggu saat pengecekkan suhu. Modelnya yang lebih kreatif dan terlihat imut membuat termometer ini menarik perhatian anak.

2.     Ada Alarm

Sering kali saat pengecekkan suhu dilakukan Anda bingung kapan harus berhenti. Alat termometer ini memiliki kelebihan dengan fitur alarmnya. Jadi, begitu alarm berbunyi akan didapatkan angka suhunya dengan jelas.

3.     Akurat

Tidak perlu panik, begitu terasa badan hangat Anda bisa segera melakukan pemeriksaan suhu dengan menggunakan termometer digital. Alat ukur suhu ini akan memberikan hasil yang akurat dengan nilai sampai ke desimalnya. Jadi, Anda bisa mengetahui suhu pasti tubuh dan melakukan penanganan yang tepat jika sudah melebihi 38 derajat.

4.     Sensor Panas Elektrik

Kelebihan selanjutnya dari termometer ini bekerja dengan sensor panas elektrik untuk mengukur suhu tubuh dengan akurat yang terletak di bagian ujung alat. Cara kerjanya memanfaatkan tegangan volt dengan temperatur. Sensor ini bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh di bagian mulut, rektum, atau ketiak.

Bagi bayi disarankan pengukuran suhu dari bagian rektumnya. Terutama di usia 3 bulan. Pada orang dewasa sensor ini bisa bekerja akurat dengan pengecekan di bagian mulut selama mulut ditutup sampai termometernya berhenti mengukur. Pisahkan termometer yang digunakan untuk pemeriksaan rektum dan mulut jangan disamakan. 

5.     Mengukur Suhu Tinggi

Ada banyak sekali jenis termometer, hanya saja termometer digital ini memiliki kelebihan bisa mengukur suhu tubuh yang amat tinggi. Bahkan juga bisa digunakan untuk mengukur suhu benda dengan panas sampai 1000 c.

Penyimpanan pada termometer ini membuat Anda tidak perlu melakukan pencatatan manual. Di mana riwayat suhu yang dihasilkan sebelumnya bisa tersimpan di dalam termometer. Jadi, pengecekkan suhu dalam waktu yang singkat bisa dilakukan perbandingan dengan mudah sudah turun atau tidak.

Cara Menggunakan Termometer sesuai Jenisnya

Ternyata thermometer digital juga ada jenisnya. Buat yang jenis biasa cara menggunakannya dengan meletakkan ujung sensor sampai menyentuh bagian kulit ketiak dan dijepit. Tunggu sekitar lima menit nanti biipnya akan berbunyi. Jika digunakan di bagian mulut maka Anda harus membersihkan ujung sensor lalu letakkan di bagian bawa lidah dan tutup bibir.

Tunggu lebih kurang satu menit sampai hasilnya terlihat. Ada yang pengukurannya khusus di dalam telinga dengan sinar inframerah. Termometer bekerja untuk mendapatkan sensor yang pas di permukaan telinga. Hasil akan keluar setelah lebih kurang 1 menit. Hanya saja termometer jenis ini tidak akurat untuk usia di bawah 1 tahun.

Selain itu, ada pengukurannya di bagian dahi yang sekarang digunakan saat Anda mengunjungi tempat umum seperti mall atau pusat perbelanjaan. Anda hanya perlu menghadapkan dahi ke bagian sensornya. Nanti akan keluar dengan cepat hasil pemeriksaan suhu.

Apa pun jenis termometer digital yang akan dibeli, pastikan sesuai kebutuhan dan kualitas terbaik. Anda bisa membelinya di apotik dan bisa menanyakan mana yang kualitasnya bagus. Setelah menggunakan termometer simpanlah di tempat yang aman agar tidak rusak.

Belum ada Komentar untuk " 4 kelebihan Termometer Digital untuk Mengontrol Suhu Tubuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel